PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) “SWA” DI PT. SWABINA GATRA GRESIK

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1    Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia usaha saat ini semakin pesat, sehingga menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain agar dapat tetap bertahan bahkan semakin maju. Pada perusahaan manufaktur, penjualan merupakan penentu keberhasilan suatu perusahaan. Untuk dapat mencapai suatu penjualan yang di inginkan maka memerlukan strategi pemasaran.

Akhir-akhir ini, masalah yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan adalah bagaimana mempromosikan produk mereka kepada konsumen dan meraih konsumen sebanyak-banyaknya serta menjaga agar mereka tetap menjadi pelanggan setia. Oleh karena itu para pelaku usaha dituntut untuk tidak saja dapat membuat produk yang kompetitif, melainkan juga harus mampu mempromosikan produknya kepada konsumen. Pada hakekatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah “Aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.”       ( Tjiptono, 2000; 219).

Untuk mengkomunikasikan produknya ke konsumen, maka komunikator harus memilih saluran komunikasi yang akan digunakan untuk mengenalkan produknya. Hal ini akan memudahkan para pemasar untuk merancang program pemasarannya. Terdapat dua tipe saluran komunikasi yaitu saluran komunikasi personal dan nonpersonal. Saluran komunikasi personal adalah saluran yang digunakan oleh dua orang atau lebih berkomunikasi langsung satu sama lain, bisa lewat tatap muka, seseorang yang berbicara di depan audiens, lewat telephon, atau melalui surat. Sedangkan saluran komunikasi nonpersonal adalah media yang membawa pesan tanpa kontak pribadi atau umpan balik, meliputi media, atmosfer, dan acara-acara penting.

Usaha pembuatan air mineral nampaknya mengalami tingkat persaingan yang semakin ketat. Fenomena ini tampak terlihat dari banyaknya pilihan produk-produk air mineral baik dalam kemasan maupun isi ulang yang ditawarkan pada konsumen. Dengan melihat kondisi semakin banyaknya pesaing dalam pasar yang membidik target konsumen yang hampir sama dengan produk yang homogen serta harga yang kompetitif, maka perusahaan dituntut untuk dapat mengkomunikasikan produknya secara intensif. Hal ini dilakukan dengan harapan agar mampu mempengaruhi para calon konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan pada mereka, sehingga target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat tercapai.

PT. Swabina Gatra merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi air minum dalam kemasan. Pesaing dalam bisnis ini sangatlah banyak, diantaranya: Aqua, K3PG, Total, Club, dan masih banyak lagi. Melihat begitu banyaknya pesaing, maka perusahaan di tuntut untuk melakukan kegiatan promosi agar produknya dapat bersaing di pasaran. Perusahaan ini dalam mempromosikan produknya lebih cenderung menggunakan promosi nonpersonal dibandingkan dengan menggunakan promosi  personal. Promosi personal yang dilakukan oleh perusahaan hanya sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan promosi nonpersonal yang mencapai angka 80 persen. Promosi nonpersonal yang dilakukan oleh perusahaan menggunakan dua cara, yaitu melalui media dan acara sponsor. Promosi melalui media dilakukan di media cetak (Advetorial Print Ad Jawa Post Media), media elektronik (radio), dan media display (Show Force Branding Armada, Branding Spanduk, Branding Sticker, Branding Sunscreen, Kaos promosi dan rak display), sedangkan promosi melalui acara sponsor (Sponsor ship event atau Co sponsor) perusahaan mensponsori beberapa acara-acara.

Pemilihan bentuk promosi yang tepat sangat mendukung tercapainya target penjualan yang di inginkan perusahaan. Promosi yang tepat akan dapat mengarahkan para calon konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan kepada mereka, sehingga dapat mencapai volume penjualan yang telah di tentukan oleh perusahaan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s